Privacy PC (Part 4) - Arti Recent Places Serta Cara Menghapusnya Secara Permanen

Jaga Privacy Laptop Anda Dengan Menghapus History Folder Recent Places Windows Secara Permanen. 

I. Arti Recent Place (Windows).

Sebelum masuk ke pembahasan bagian ke-4 ini, SCT Blog akan menjelaskan apa itu RECENT PLACE. Karena masih ada yang bertanya, apa sih arti dari RECENT PLACES. 

Recent Places atau Recent Place adalah suatu Folder di Windows yang merekam jejak-jejak dari aktivitas yang pernah Anda jalankan/buka di Windows Laptop/Komputer. Bahasa Singkatnya Recent Places bisa diartikan sebagai 'HISTORY'

Jadi apapun yang Anda lakukan baik Anda membuka/menjalankan aplikasi, menonton video, mendengarkan musik dan lain sebagainya maka semua aktivitas Anda tersebut akan terekam dan muncul sebagai history di Folder Recent Places.

recent place atau recent items windows
Contoh tampilan Recent Places di Windows


II. Permasalahan.

Pada pembahasan terdahulu, kita sudah membahas cara menjaga privacy Laptop atau Komputer Anda dengan cara menyembunyikan fitur Recent Items dari All Program dan menonaktikan melalui fitur Registry Regedit 'NoRecentDocsHistory'.

Walaupun kedua langkah diatas dilakukan, namun belum membuat privacy Laptop Anda terjaga. Karena ternyata History aktivitas Anda masih tetap bisa dilacak di Folder Recent Placesdimana disini daftar history aktivitas Anda masih tetap terekam dan tampil. Dan hal tersebut membuka peluang oknum untuk mencuri data-data penting milik Anda.

Lalu Bagaimana Solusinya ? Yaitu dengan Cara Menonaktifkan folder Recent Places Windows tersebut.

III. Menon-aktifkan Rekam History Folder Recent Places Windows.

So, agar history tadi benar-benar tidak tampil lagi dan hilang permanen dari Folder Recent Places, ikuti cara menghapus rekam jejak atau history dari folder recent places windows 7 di bawah ini. 

Simak berikut dibawah ini langkah-langkah untuk menonaktifkan history Folder Recent Places Windows tersebut :

  • 1. Pada keyboard, tekan logo Windows+R.
  • 2. Muncul jendela dialog "run".
  • 3. Ketik "regedit" (tanpa tanda spasi), lalu tekan [enter]
menonaktifkan recent places dengan edit registri
Tampilan kotak dialog Run - Regedit

  • 4. Akan muncul jendela "registry editor".
  • 5. Silahkan buka dan ekspand folder berikut ini : HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/Current Version/Policies/Exsplorer.
  • 6. Pada kotak bagian kanan, Klik Kanan>[New]>lalu pilih dan klik [DWORD (32 bit) Value]*.
    *Pada beberapa versi windows, tampilan DWORD hanya menampilkan [DWORD Value] saja atau [DWORD (64 bit) Value]. Pada dasarnya hal tersebut sama saja, hanya berbeda pada versi windows yang Anda install saja.

    Dword - new value
    Membuat registry "ClearRecentDocsOnExit"


  • 7. Akan muncul Value Name baru yaitu "New Value #1". Ubah nama tersebut menjadi "ClearRecentDocsOnExit" (tanpa tanda petik dua), Lalu [Enter].
membuat registry Clear Recent Docs On Exit
Membuat recent places tidak aktif
Membuat Registry DWORD - ClearRecentDocsOnExit


  • 8. Kemudian klik Kanan pada [ClearRecentDocsOnExit] yang baru Anda buat tadi, pilih dan klik [Modify].
Menonaktifkan Recent Places
Modify untuk merubah nilai value clearrecentdocsonexit


  • 9. Muncul Jendela Dialog "Edit DWORD (32 bit) Value"*. Ganti nilai value data-nya jadi [1] lalu [enter] atau klik [OK].
Menonaktifkan recent places
Ubah value data "0" menjadi "1"


  • 10. Tutup Jendela Registry Editor dan semua program yang sedang Anda jalankan.
  • 11. Restart Laptop atau Komputer Anda agar Registry Editor - ClearRecentDocsOnExit tadi bekerja.

IV. Meng-aktifkan Kembali Rekam History Folder Recent Places Windows.

    • Untuk mengembalikan fungsi serta memunculkan kembali rekam jejak history Recent Places tersebut di Windows 7 Anda, maka cara mengaktifkannya hampir sama seperti di atas. 

    • Anda hanya perlu mengulangi seperti pada langkah ke-1 sampai langkah ke-5

    • Perbedaannya pada langkah ke-6 dan seterusnya. 

    • Pada langkah ke-6 atau selanjutnya, Anda Hanya perlu meng-klik kanan ClearRecentDocsOnExit, lalu Klik Modify, selanjutnya rubahlah "value data"-nya dari Nilai [1] menjadi [0] lalu kllik [OK].

    • Berikutnya, Restart kembali PC atau  Laptop Anda agar Recent Places bisa bekerja kembali dan merekam jejak aktivitas Windows Laptop Anda.

Demikian tutorial Privacy PC Bagian 4 ini ditulis yaitu Menghapus Rekam Jejak History Folder Recent Places Windows Secara Permanen beserta Cara Mengaktifkannya Kembali. Dan.....


Artikel Terkait Lainnya : >> Lihat Disini <<

.....Selamat Mencoba. Jika di dalam tutorial Blog SCT ini ada yang tidak "work" atau "miss", dimohonkan kepada Anda untuk mengingatkan Kami dan silahkan tulis atau ajukan saran/pertanyaan di kolom komentar. Jika Anda punya referensi lain yang lebih akurat dari tutorial ini, mohon sekiranya bisa tinggalkan alamat url tersebut di kolom komentar agar bisa menjadi bahan referensi untuk Kami dan untuk kesempurnaan Turorial-tutorial yang ada. Semoga Bermanfaat and Have a nice day all.

Silahkan gunakan kata-kata yang sopan dan etis, no sara, no spam. Komentar yang tidak layak akan dihapus.

Baca Artikel Lain-nya :

Memuat...